Melihat perkembangan pesat sirkuit skala internasional yang hampir rampung di Lombok, Sirkuit Sentul juga tidak mau kalah menggeliat. Seolah tak mau kalah dengan Sirkuit Mandalika, yang digadang-gadang akan memiliki sarana dan prasarana skala perhelatan balap internasional, Sirkuit Sentul juga terus berbenah hingga saat ini.

Kabar itu disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, saat mengadakan pertemuan dengan sejumlah tokoh otomotif. Dalam pertemuan itu, turut hadir Tommy Soeharto, Komjen Pol Budi Waseso, Irjen Pol Machfud Arifin, dan Letjen TNI AM Putranto.

Para tokoh senior otomotif itu sepakat untuk mengembangkan kawasan Sentul sebagai Pusat Olahraga dan Mobilitas Otomotif Indonesia.

Di kawasan Sentul sendiri sudah terdapat dua sirkuit bertaraf internasional, yaitu Sirkuit Internasional Sentul dan Sirkuit Internasional Karting Sentul.

Selain itu, saat ini juga sedang dibangun Stage Park Sentul.

“Untuk olahraga, sirkuit Internasional Sentul bisa menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap mobil,” kata Bambang Soesatyo.

Bamsoet menjelaskan, sarana dan prasarananya juga akan di-upgrade agar layak sebagai tuan rumah Formula 1 (F1) dan MotoGP.

Di sisi lain, Sirkuit Internasional Karting Sentul juga bisa jadi tuan rumah penyelenggaraan balap motor dan gokart.

“Sementara Stage Park Sentul yang pembangunannya sebentar lagi akan selesai, bisa digunakan untuk balapan sprint rally, speed off-road, adventure off-road, hingga motocross,” jelas Bamsoet.

Pembangunan ini bertujuan agar Stage Park Sentul bisa jadi tuan rumah Asia Pacific Rally Championship (APRC), FIA World Rally Championship (WRC), hingga kejuaraan dunia motocross MXGP.

“Selain itu, kawasan ketiga sirkuit tersebut juga bisa dikembangkan menjadi Pusat Industri Modifikasi Otomotif,” tambahnya.

Dengan begitu akan ada nilai tambah tersendiri karena tidak hanya jadi kawasan balapan otomotif saja. “Terlebih saat ini banyak pelaku usaha modifikasi yang sedang mencari lokasi strategis dari segi akses maupun history,” ucap Bamsoet.

Mudah-mudahan saja dengan semakin majunya sirkuit-sirkuit di Indonesia, akan semakin maju pula dunia otomotif kita.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X