Balapan seru tersaji di F1 Turki 2021. Valtteri Bottas, yang sejak awal melesat di depan, tak tersentuh dan akhirnya berhasil memenangkan balapan F1 Turki 2021. Max Verstappen pun berhasil finis kedua diikuti sang rekan, Sergio Perez yang meraih podium 3. Sementara itu, Lewis Hamilton yang memulai balapan dari posisi 11 hanya sanggup finis ke-5 pada balapan di Sirkuit Istanbul Park ini.

Permulaan balapan dimulai dengan trek basah, tetapi hujan tidak terlalu deras sehingga para pembalap hanya memakai ban intermediate. Hamilton sanggup memangkas banyak posisi di lap-lap awal, bahkan beberapa kali mencetak lap tercepat.

Sayangnya rintangan sebenarnya mulai didapatkan Hamilton pada pertengahan balapan. Pada lap 32, Hamilton mulai mendekati Perez untuk memperebutkan posisi keempat. Akhirnya, pada lap-lap berikutnya terjadi pertarungan ketat antara Hamilton dan Perez yang pada akhirnya berhasil dimenangkan Hamilton yang tampil sangat cepat.

Memasuki putaran ke-37, Max Verstappen memutuskan melakukan pit stop dari posisi kedua tetap dengan memakai ban intermediate. Uniknya, ada Sebastian Vettel yang sempat mencoba ban slick di pit stop pertamanya karena merasa trek mengering. Akan tetapi, sungguh disayangkan bagi Vettel, ia harus kembali melakukan pit stop untuk kembali ke ban intermediate karena ban slick tak cukup efektif.

Hal itu membuat banyak pembalap berpikir dua kali untuk mengikuti langkah Vettel.

Beberapa pembalap melakukan pit stop juga tetap dengan ban intermediate, termasuk Sergio Perez yang sempat bertarung ketat dengan Hamilton.

Namun tidak dengan Charles Leclerc yang sempat memimpin balapan karena menunda pit stop, dan juga Lewis Hamilton yang berada di belakangnya.

Hamilton bahkan sempat menunda dan menolak perintah Mercedes untuk pit stop.

Sang juara dunia 7 kali kehilangan banyak waktu hingga akhirnya memutuskan pit stop, tapi ban intermediate yang fresh tampaknya tidak cukup efektif membantunya bertarung di lap-lap akhir.

Pada akhirnya Bottas melenggang terdepan memenangkan balapan diikuti Verstappen dan Perez.

Berikut ini tabel hasil balap F1 Turki 2021:

Dengan meraih podium ke-2 di gelaran balap F1 Turki 2021, Max Verstappen berhasil merebut puncak klasemen sementara F1 2021. Tepatnya, dengan tambahan 18 poin, Max Verstappen kini mengoleksi 262 poin di peringkat pertama klasemen.

Lewis Hamilton yang hanya melakukan start dari posisi ke-11 benar-benar memberikan keuntungan besar buat Max Verstappen. Meski bisa melaju ke beberapa posisi di depannya, pada akhirnya Hamilton hanya sanggup finis kelima. Saat ini raihan poin pembalap pemegang 100 kemenangan F1 ini mencapai 256,5 poin, tertinggal 6 poin dari Max Verstappen. Selisih 6 poin tersebut belum berarti apa-apa di kejuaraan F1 2021, kedua pembalap masih punya peluang yang relatif sama untuk meraih gelar juara.

Apalagi masih ada 6 seri tersisa dan pertarungan kedua pembalap akan semakin seru nantinya. Sementara itu Valtteri Bottas yang meraih kemenangan di Istanbul berhasil menambah pundi-pundi poinnya menjadi 177 sekaligus menjauh dari Lando Norris. Lando Norris malah didekati oleh Sergio Perez yang berhasil meraih podium 3 pada balapan ini.

Berikut klasemen sementara usai balapan F1 Turki 2021:

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X