Para pemilik kendaraan roda dua simak tips penting berikut ini! Ada dua hal yang bisa jadi penyebab mur pengikat pelek motor susah dibuka. Mur pengikat pelek di motor memang harus dikencangkan dengan baik. Tujuannya dari hal tersebut sudah jelas, supaya pelek motor tidak mudah lepas saat kita mengendarai motor. Namun, karena terlalu kencang, akan timbul risiko yang malah bisa bikin repot pada saat pelek motor harus dilepas dari motor saat diperlukan.

Seharusnya mur pengikat pada velg dikencangkan secukupnya saja, tidak perlu sampai sekuat tenaga atau bahkan pakai pipa panjang supaya mur terikat kencang. Selain menjadi sebab nantinya mur jadi sulit dilepas, drat mur pelek bisa slek dan aus jika diputar kelewat kencang sehingga nanti jadi tidak bisa dipakai lagi. Tidak hanya itu, hal lain yang sering menjadi sebab mur pelek di motor jadi susah dibuka adalah adanya karat. Seiring pemakaian, mur pelek motor bisa berkarat. Hal tersebut bisa terjadi karena ada kotoran dan air yang masuk ke celah ulir mur baut.

Oleh karena itu, ada baiknya sebelum membongkar pelek, biasakan menyemprotkan cairan penetran lebih dulu ke bagian celah mur baut pelek di motor. Dengan menyemprotkan cairan penetran lebih dulu, jika ada karat atau kotoran yang menempel, kotoran atau karatnya akan rontok sehingga memudahkan saat proses pembongkaran.

Mudah-mudahan Anda menjadi paham dan mahfum terkait penyebab umum mengapa mur pengikat di pelek motor terkadang menjadi sulit pada saat ingin dibuka. Oleh karena itu, agar komponen kaki-kaki, khususnya mur pelek motor aman,  jangan kelewat kencang saat memasang mur dan jangan lupa beri penetran agar tidak mudah karat!

Tags: tips

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X