Sistem Pengereman / 10 000 KM / 6 Bulan

sistem pengereman

Rem

Rem sering kali dilupakan dalam hal perawatan kendaraan, tetapi sebagai langkah awal menuju keselamatan, sistem rem harus diprioritaskan. Perawatan yang tepat tidak hanya akan mencegah kegagalan sistem rem, tetapi juga menghemat uang Anda dengan mencegah korosi dini pada komponen internal dan kerusakan logam. Selalu gunakan jenis minyak rem yang tertera pada tutup reservoir rem atau dalam buku panduan pemilik.

Sistem Pengereman

Langkah penting dalam perawatan sistem pengereman adalah mengganti minyak rem. Minyak rem memiliki sifat higroskopis (menyerap air). Mengganti cairan bekas dengan cairan baru membuat sistem bebas dari kelembaban. Jika rem Anda tampaknya tidak berfungsi seperti biasanya, menguras minyak rem ataupun menambahkan minyak baru dapat mengembalikan kinerja pengereman.


Cara Memeriksa Cairan Minyak Rem

  1. Temukan reservoir minyak rem — berada di bawah kap ke arah belakang ruang mesin di sisi pengemudi.
  2. Bersihkan reservoir dan tutupnya dari kotoran dan debu jalan.
  3. Lepaskan tutupnya dan tambahkan cairan sampai level mencapai tanda “penuh” atau “maks” di sisi reservoir.
  4. Pasang kembali tutupnya.

  • Memberikan perlindungan terhadap kegagalan rem dari penguncian uap.
  • Membantu mencegah korosi pada sistem rem.
  • Melindungi sistem rem.

Tips

Minyak rem akan melarutkan cat, jadi pastikan untuk tidak menumpahkannya ke permukaan yang dicat. Jika Anda memiliki tumpahan, siram tumpahan dengan air secepatnya (air berfungsi dengan baik untuk menetralkannya).

Minyak Rem STP®

Minyak rem STP® memiliki teknologi ActivGard yang memberikan kemampuan untuk menjaga titik didih tetap stabil tersedia varian DOT-3 serta DOT-4 yang sesuai dengan segala jenis kendaraan terutama di Indonesia. Simpan sisa minyak rem pada botolnya dengan rapat, kering dan tidak terkena matahari.

X