Transmisi / 5 000 KM / 3 Bulan

oli transmisi stp

Transmisi

Karena transmisi memiliki tugas mengubah tenaga mesin menjadi energi yang dapat digunakan, cairan transmisi menjaga semua bagian bersih, terlumasi dan tidak overheat selama proses berlangsung. Jenis transmisi mobil akan menentukan kebutuhan perawatan yang diperlukan.

Jangan menunggu sampai Anda melihat gejala masalah transmisi untuk memeriksa cairan Anda. Gejala kerusakan seperti perpindahan gigi yang keras atau slip menandakan kerusakan telah kemungkinan terjadi, dan mekanik harus memeriksa transmisi Anda.

Level cairan transmisi harus diperiksa pada setiap penggantian oli. Jika levelnya rendah, transmisi Anda mengalami kebocoran, dan oli transmisi tidak dapat bekerja baik selama pengoperasian.

Cara Memeriksa Oli Transmisi Otomatis

  1. Saat memeriksa transmisi, kendaraan harus diparkir di jalanan/lantai datar dengan mesin menyala.
  2. Pegangan dipstick transmisi akan berwarna merah/kuning di sebagian besar mobil model terbaru.
  3. Tarik dipstick dan bersihkan dengan tisu.
  4. Tempatkan dipstick kembali ke dalam tabungnya dan lepaskan sepenuhnya lagi untuk menampilkan pembacaan level cairan yang akurat.

Cara Memeriksa Oli Transmisi Manual

  1. Temukan dua colokan berulir di sisi transmisi. Bagian atas adalah lubang pengisian dan bagian bawah adalah lubang pembuangan.
  2. Longgarkan sumbat lubang pengisian dan lepaskan perlahan.
  3. Anda harus dapat melihat cairan di bagian bawah lubang pengisian. Jika Anda tidak bisa, putar kembali steker dan kencangkan sesuai spesifikasi pabrikan.
  4. Jika cairan kurang, transmisi mungkin mengalami kebocoran. Isi dengan jumlah cairan yang sesuai dan kencangkan steker sesuai spesifikasi pabrik. Dan bawa kendaraan Anda ke mekanik untuk mendapatkan pendapat mereka.

Produk Perawatan Transmisi STP® 

Varian produk oli transmisi STP® dapat Anda gunakan untuk merawat sistem transmisi manual maupun otomatis pada kendaraan Anda.

Oli STP® untuk transmisi manual.

  • Oli Pro Formula STP® API GL-5 menjaga kinerja transmisi manual serta gardan bekerja dengan sempurna membuat perpindahan transmisi menjadi lebih halus.

Oli STP® untuk transmisi otomatis.

  • STP® SYN Full Synthetic CVT Fluid pelumas transmisi Continuous Variable Transmission yang dapat menyesuaikan ratio transmisi tanpa menggunakan sistim gir.
  • STP® SYN Full Synthetic ATF Multi-Vehicle MV memiliki kestabilan tinggi untuk pelumasan yang lebih sempurna terutama pada mobil keluaran kini.
  • STP® Synthetic ATF III G Dapat Anda gunakan pada semua kendaraan dengan transmisi otomatis: Sedan, minibus, jip, bus, truk, kendaraan offroad.
X