“Water Hammer”

posted in: OTO Tips | 0

Bijaksana saat berkendara di musim penghujan

Hujan yang melanda Jakarta dan juga beberapa wilayah Indonesia belakangan ini menyebabkan genangan air di mana-mana. Genangan air sangat tidak baik untuk kendaraan bermotor. Apalagi kalau sudah masuk ke dalam mesin dan dalam jumlah yang sangat banyak, mesin dapat bermasalah bisa-bisa pemilik kendaraan harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaikinya.

Resiko menerobos genangan air adalah mobil akan mengalami water hammer atau disebut juga hydrolocking. Water hammer adalah keadaan saat mesin mobil mati mendadak disebabkan oleh air yang masuk ke ruang bakar melalui air intake dan mendapat tekanan yang sangat besar di ruang silinder oleh piston. Akibatnya setang piston akan bengkok, ring piston akan rusak, dinding silinder tergores, dan yang paling parah adalah melengkungnya head silinder.

Pada prinsipnya, kerja di ruang bakar adalah campuran udara dan bahan bakar di pantik oleh busi dan meledak sehingga mendorong piston ke bawah. Udara dan bahan bakar adalah zat dengan kerapatan molekul yang rendah, sedangkan air molekulnya jauh lebih padat dan membuatnya incompressible, sehingga bila air yang masuk ke ruang bakar melebihi kapasitas ruang kompresi, tekanannya akan sangat masif, sehingga dapat merusak komponen komponen yang berada didalam ruang bakar. Tidak hanya itu perpindahan suhu secara tiba-tiba dari panas menjadi dingin dapat menyebabkan material stress yang juga berdampak pada kerusakan.

sehingga bila air yang masuk ke ruang bakar melebihi kapasitas ruang kompresi, tekanannya akan sangat masif, sehingga dapat merusak komponen komponen yang berada didalam ruang bakar.

Oleh karenanya ketika genangan air menghadang sebaiknya disikapi dengan mencari jalan lain supaya tidak membahayakan mobil, seandainya harus menerobos genangan air ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti, batas aman saat melewati genangan air adalah sejajar dengan sumbu roda, pastikan putaran mesin pada RPM rendah agar air tidak mudah terhisap ke dalam intake dan juga kecepatan, kecepatan yang tinggi dapat menimbulkan gelombang, yang dapat masuk ke dalam ruang mesin.

Jika pada saat menerjang genangan air mesin kendaraan mati tiba-tiba, jangan coba untuk menyalakan mesin kembali karena air yang sudah masuk kedalam ruang bakar melalui air intake dapat menyebabkan water hammer. Pertama pindahkan kendaraan Anda ke tempat yang lebih aman dengan cara didorong untuk kemudian ditangani oleh mekanik berpengalaman.

Biasanya mekanik akan mengeluarkan dan mengeringkan air yang masuk kedalam intake hingga ruang bakar. Untuk memastikan bahwa air yang masuk ke dalam ruang intake dan ruang bakar telah dikeluarkan dan dikeringkan. Sebelum dihidupkan, mesin dapat dicoba putar manual sampai putarannya terasa ringan. Jadi, daripada harus menggelontorkan dana yang besar untuk membongkar dan mengganti komponen mesin yang rusak karena water hammer, lebih baik tunggu sejenak sampai kondisi ideal untuk menyalakan mesin mobil.

batas aman saat melewati genangan air adalah sejajar dengan sumbu roda, pastikan putaran mesin pada RPM rendah agar air tidak mudah terhisap ke dalam intake dan juga kecepatan, kecepatan yang tinggi dapat menimbulkan gelombang,

Tidak sampai disitu, pelumas mesin, pelumas ATF, dan juga pelumas gardan sebaiknya dikuras dan diganti dengan yang baru karena dikhawatirkan pada saat menerjang genangan, air ikut masuk ke dalam komponen komponen tersebut.

STP merupakan salah satu merek pelumas yang bisa dijadikan pilihan tepat untuk melindungi mesin dan transmisi kendaraan Anda. Para ilmuwan STP bekerja keras memenuhi kebutuhan pemilik kendaraan dengan pelumas andal yang dapat menjaga kondisi mesin. Dengan API Service SN terkini pelumas STP memiliki aditif pelumas yang mampu memberikan perlindungan maksimal pada mesin dalam kondisi ekstrem sekalipun sehingga dapat tetap menjaga performa mesin. 

Pelumas STP telah memenuhi persyaratan pabrikan otomotif dunia, baik untuk mesin standar maupun mesin turbocharged berteknologi tinggi. Dengan formula anti-wear additives, pelumas STP memberikan perlindungan ekstra pada mesin dari kerusakan akibat gesekan antar metal, baik pada temperatur panas maupun dingin, serta dalam kondisi kerja berat bertekanan tinggi. Dengan ragam varian dan peruntukannya, pelumas-pelumas STP siap menjaga mesin dan transmisi kendaraan Anda.