Tips DR OTO : Kerusakan Mobil Akibat Banjir

posted in: DR.OTO CLUB | 0
[header 4] Tips DR OTO: Kerusakan Mobil Akibat Banjir[/header] [divider invisible]

Hujan yang terus menerus mengakibatkan banyak jalan tergenang, bahkan beberapa wilayah jalan mengalami banjir, bagi Otomania sedapat mungkin menghindarinya dan bagi yang terjebak banjir terpaksa harus melintasinya dan hal itu dapat berakibat beberapa komponen mengalami kerusakan. Umumnya kerusakan akibat banjir adalah sbb :

1. Bearing Roda.
Akibat terendam maka air cendrung masuk kesela-sela bearing dan dapat mengurangi kemampuan grease dalam melindungi bola-bola bearing, akibatnya bola-bola bearing akan bergesekan dengan metal hal ini dapat berakibat roda lepas atau bahkan roda terkunci.
Gejala: Putaran roda berbunyi / berdengung dan biasanya ada percikan grease disekitar velg dan body samping dibelakang roda.
Perbaikan: Segera bawa ke bengkel resmi dan ganti bearing roda dengan part orisinil dan tambahkan STP Synthetic Grease agar bearing bekerja lebih baik dan awet.

2. Kopling


Kopling berada dibawah kabin dan sangat rentan terendam, akibatnya dapat meyebabkan karat dan kerusakan terutama pada decklaher (bearing) dan dapat menyebabkan kopling slip (hangus).
Gejala : Susah masuk gigi dan tarikan mobil kurang responsif serta injakan pedal kopling kempos.
Perbaikan : Ganti plat kopling & cover clutch beserta decklaher dengan yang baru dan orisinil.

3. Motor starter
Akibat terendam motor starter mengalami arus pendek dan dapat berakibat kerusakan pada dinamo starter sehingga mesin tidak dapat dihidupkan, gejala ini kadang hampir mirip dengan kerusakan accu.
Gejala: Mesin sulit dihidupkan.
Perbaikan: Untuk memastikan bypass dinamo stater langsung ke body mesin dengan menggunakan kunci roda apabila mesin langsung hidup bisa dipastikan dinamo starter rusak dan segera ganti.

4. Dynamo ampere
Umumnya alternator berada dibagian bawah mesin yang memang rentan terendam, air dapat menyebabkan arus pendek dan karat pada kumparan alternator.
Gejala: gambar batere dispedometer menyala atau alternator bunyinya kasar
Perbaika : ganti komponen yang rusak dengan segera.

5. Kaki-kaki


Air dapat mengendap pada kaki-kaki mobil seperti tierod, balljoint dll. Apabila dibiarkan dapat berkarat dan memperpendek umur part tersebut.
Gejala: Steer tidak stabil (lari) kadang terdengar bunyi saat berbelok
Perbaikan: Bersihkan part dengan menyemprotkan angin kompresor, olesi denga STP Synthetic Grease dan ganti komponen yang rusak .

6. Rem


Jangan anggap sepele part yang satu ini, karena menyangkut keselamatan, kotoran lumpur dan karat dapat menghambat kelancaran sistem rem dan dalam jangka waktu tertentu karat dapat merusak seal dan piston rem, akibatnya piston rem lengket dan mengunci ban.
Gejala: Mobil tidak dapat melaju maksimal dan tercium bau hangus serta velk panas kalau dipegang.
Perbaikan: Segera bawa ke bengkel agar rem di cuci dengan Penray Brake Part Cleaner, bersihkan piston rem dan ganti seal rem apabila sudah rusak jangan lupa kuras minyak rem dengan STP Brake Fluid Dot3 yang sudah terbukti terbaik (Versi Majalah Mobil Motor)

[divider invisible]