Tips DR OTO: Hal Terpenting Dilakukan Apabila Mobil Terendam

posted in: DR.OTO CLUB | 0
[header 4]Tips DR OTO: Hal Terpenting Dilakukan Apabila Mobil Terendam[/header] [divider invisible]

Otomania sampai saat ini masih terdapat daerah yang terendam banjir akibat banjir kiriman ataupun curah hujan yang tinggi di beberapa daerah, mengingat hal itu maka DR OTO perlu memberikan beberapa tips apabila ada rekan otomania yang mengalami hal serupa atau bahkan secara tiba-tiba banjir datang dan tidak memungkinkan lagi memindahkan kendaraannya.
Hal penting yang perlu dilakukan apabila kendaraan tidak dapat dipindahkan lagi karena air sudah meninggi :

  1. Segera cabut aki mobil dari tempatnya dan putus semua aliran listrik agar tidak korsleting.
  2. Jangan memindahkan mobil dengan menstarter engine apalagi mobil sudah terendam. Cukup didorong atau di tarik dan jangan memasang aki mobil karena masih ada air dibeberapa bagian kelistrikan yang dapat menyebabkan korsleting.
  3. Setelah memindahkan mobil keringkan mobil dan semprot daerah kelistrikan dengan kompresor angin terutama bagian sekring dan beberapa bagian vital lainnya termasuk lampu, wiper dan lainnya, kemudian diamkan hingga benar-benar kering. Jangan lupa semprot baut dan beberapa bagian lain termasuk coil dengan STP AP-75 untuk mencegah macet dan karat.
  4. Apabila air sudah masuk dalam kabin maka sebaiknya jok dan karpet dicopot dan dikeringkan, semprotkan Penray Undercoat Spray pada lantai mobil setelah dibersihkan dan dikeringkan agar terhindar dari karat.
  5. Apabila terdapat noda bekas air dijok ataupun diplafon mobil jangan kuatir, bersihkan dengan STP Tuff Stuff Foam Cleaner, cukup disemprotkan dan sikat dengan sikat bertekstur lembut kemudian lap dengan lap yang bersih dan kering.
  6. Kuras tangki bahan bakar dan alangkah baiknya sekalian mengganti fuel filter sebab saat terendam air, tangki beresiko kemasukan air.
  7. Setelah mobil benar-benar kering dan aman, pasang kembali accu mobil, kemudian buang oli mesin dan ganti oil filter (gunakan yang bekas), masukkan oli yang agak murah dan tambahkan STP Engine Flush starter mesin dalam posisi stasioner selama 15 menit-20 menit untuk “mencuci” mesin, kemudian kuras oli mesin dan ganti filter oli dengan yang baru. Pastikan Otomania menggunakan pelumas STP Synthetic Motor Oil (mobil bensin) atau STP Synthetic Diesel Oil (mobil diesel) yang dirancang khusus untuk iklim tropis setelah itu.
  8. Kuras minyak rem dan ganti dengan STP Minyak Rem DOT 3 dan bersihkan rem serta komponen yang berhubungan dengan rem agar aman saat berkendara. Pastikan rem berfungsi baik sebelum kendaraan dijalankan.
  9. Saran DR OTO agar melakukan pengecekan ECU, injector, lamda, busi dan tune up engine dibengkel resmi.
[divider invisible]