Saat ini, proyek pembangunan Tol Yogyakarta—Solo dan Tol Yogyakarta—Bawen terus dikerjakan. Meskipun proses pengerjaan dilakukan di daerah yang berbeda, nantinya kedua ruas tol tersebut akan memiliki satu titik temu. Lokasi titik temu dari Tol Yogyakarta—Solo dan Tol Yogyakarta—Bawen adalah di daerah Padukuhan Sanggrahan, Tirtoadi, Sleman.

Kemungkinan besar, titik temu dari dua ruas tol yang berbeda arah itu berada di tengah pemukiman warga Sanggrahan. Jogoboyo (Kasi Pemerintahan) Kelurahan Tirtoadi, Heky Prihantoro mengatakan bahwa ada 120 bidang tanah yang terdampak dari pembangunan Tol Yogyakarta—Bawen.

“Jumlah tersebut adalah tanah warga di Sanggrahan. Kalau total keseluruhan di Kelurahan Tirtoadi ada 344 bidang tanah,” buka Heky Prihantoro. Heky menegaskan, jumlah tersebut belum termasuk dalam bidang tanah yang terdampak pembangunan Tol Yogyakarta—Solo. Namun, Heky mengaku tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah tanah di Sanggrahan yang terdampak pembangunan Tol Yogyakarta—Solo. “Tapi mayoritas pemukiman di Sanggrahan terdampak jalan tol baru. Bila di persentase hampir mencapai 50 persen,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, saat ini sejumlah rumah warga yang terdampak pembangunan jalan tol juga sudah mulai dibongkar. Meski begitu, ada juga warga yang tetap nekat ingin bertahan di rumahnya dengan alasan belum ingin pindah. “Memang warga diberi waktu kurang lebih 6 bulan setelah menerima uang ganti rugi untuk pindah,” terang Heky Prihantoro.

Untuk pembayaran ganti rugi sendiri sudah dilakukan sejak Juni, Juli, dan Agustus 2021. Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Kelurahan Tirtoadi, Ridwan pada Minggu (05/09). “Di wilayah Tirtoadi memang cukup banyak yang terdampak proyek tol baru ini,” buka Ridwan. Ridwan mengatakan bahwa mayoritas bidang tanah yang terdampak jalan tol adalah pekarangan dan sawah.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X