Saat ini komponen power steering merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mobil. Tidak bisa dipungkiri bahwa selain memberikan kenyamanan pengguna pada saat mengemudi, komponen ini juga memberikan kemanan dalam perjalanan. Saking pentingnya tentu saja kita tidak bisa membayangkan, apa jadinya jika komponen yang satu ini rusak. Bencana besar yang mengancam keselamatan pengemudi dan semua penumpang mobil bisa terjadi apabila komponen power steering tidak bekerja dengan maksimal.

Untuk bisa menghindari beragam risiko yang bisa timbul ketika power steering tidak bekerja maksimal, sebaiknya Anda pahami dulu sistem kinerja komponen tersebut. Power steering adalah sebuah sistem yang ditambahkan pada roda kemudi. Fungsinya adalah memudahkan pengendalian roda kemudi. Dengan adanya power steering, Anda juga tidak perlu mengeluarkan tenaga besar untuk memutar kemudi, terutama saat mobil berada dalam kecepatan rendah.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, power steering adalah sebuah sistem yang ada pada roda kemudi mobil. Dengan tambahan komponen power steering ini, putaran kemudi menjadi lebih halus dan mudah dikontrol. Pengemudi pun tidak harus bersusah payah untuk memutar kemudi saat mobil berada pada kecepatan rendah.

Ada dua jenis power steering yang banyak digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru, yakni tipe hidrolik dan motor listrik atau electric power steering (EPS). Tipe hidrolik memanfaatkan tenaga mesin, sedangkan tipe motor listrik menggunakan motor listrik untuk menggerakkan ring piston pada power cylinder.

Sesuatu yang sebenarnya penting dalam komponen power steering adalah pelumasnya. Pelumas pada komponen power steering bekerja untuk memudahkan mobil berbelok tanpa sopir mengeluarkan banyak tenaga atau sebagai penggerak hidrolis juga sebagai pelindung komponen tersebut agar tidak korosi.

Sistem power steering pada mobil membutuhkan perlindungan agar tetap beroperasi pada berbagai kondisi, terutama pada iklim tropis seperti di Indonesia. Salah satu pelumas power steering yang bisa kami rekomendasikan bagi Anda adalah Power Steering Fluid dari STP. Power Steering Fluid dari STP didesain khusus untuk unit power steering karena memiliki formula khusus yang melalui proses pabrikasi 20 langkah yang menjamin produk bermutu tinggi. Power Steering Fluid dari STP mengandung Zinc dialkyldithiophosphates (ZDDP) yang dapat membantu mengurangi oksidasi pada komponen sehingga tidak mudah berkarat. Selain itu, kondisi cuaca panas di Indonesia sering kali menyiksa beragam komponen mobil, termasuk power steering. Dengan menggunakan Power Steering Fluid dari STP, komponen power steering lebih tahan terhadap panas yang timbul karena gesekan. Selain itu, Power Steering Fluid dari STP memiliki kemampuan Anti Wear yang dapat memperpanjang usia komponen power steering mobil Anda.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>