Hal paling penting bagi Anda para pegemudi motor saat musim hujan adalah perkara mencuci motor setelah kehujanan. Namun, ada baiknya Anda tidak  mencuci motor yang kehujanan menggunakan sabun colek. Sabun colek masih cukup sering digunakan bikers saat mencuci motor.

Alasan dari banyaknya orang yang mecuci motor menggunakan sabun colek karena harga sabun colek yang murah serta mudah didapat.

Namun, sebenarnya, ada penjelasannya kenapa sabun colek tidak disarankan untuk mencuci motor di musim hujan seperti sekarang.

Sabun colek itu bisa berbahaya buat cat di bodi motor, makanya tidak direkomendasikan.

Soalnya sabun colek itu memiliki sifat yang keras dan asam karena memiliki kandungan angka pH yang rendah. Oleh karena itu, sabun colek tidak disarankan digunakan untuk mencuci motor.

Jika Anda masih sering mencuci motor menggunakan sabun colek pasti lama kelamaan body akan terlihat kusam.

Bodi motor yang kusam tadi adalah efek dari penggunaan sabun colek. Penggunaan sabun colek dalam jangka waktu yang lama membuat lapisan pernis pada bodi motor terangkat dan berakibat pada cat bodi tidak ada pelindungnya.

Kalau lapisan pernis pada bodi motor terangkat dalam jangka waktu panjang bodi motor pasti akan kusam terkena kotoran, sinar matahari, dan lain-lain.

Iwan menyarankan untuk tetap menggunakan sabun khusus untuk cuci motor yang banyak dijual di pasaran.

Atau misal kalian tidak yakin dengan sabun cuci motor yang dijual di pasaran Anda bisa bawa ke bengkel spesialis perawatan bodi. Nah, sekarang Anda jadi tahu kan ada efek negatif yang mengintai jika Anda masih sering mencuci motor menggunakan sabun colek.

Tags: tips

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X