Pada saat Anda hendak mengganti ban motor dengan yang baru, jangan sampai salah, periksa dengan seksama arah rotasi ban motornya.

Baik ban depan atau belakang untuk motor, pasti tercetak petunjuk arah rotasi ban yang terletak di bagian dinding ban.

Karena fungsinya penting, petunjuk arah rotasi ban motor ini wajib diperhatikan pada saat ban dipasang ke pelek.

Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya petunjuk arah rotasi ban diberikan supaya kembangan ban bisa berfungsi maksimal baik dalam mencengkram permukaan jalanan saat kondisi kering atau basah. Dengan memasang ban sesuai petunjuk arah petunjuk, ban jelas akan lebih terasa grip-nya dan Anda pasti akan lebih aman dalam berkendara.

Nah, sangat penting untuk memastikan tanda panah arah rotasi ban terpasang menghadap ke depan atau searah dengan laju motor.

Bukannya berpatokan pada arah rotasi ban, masih ada mekanik atau pengguna motor yang justru berpatokan pada desain kembangan ban yang ingin dipasang.

Hasilnya tentu saja justru berdampak negatif, seperti bikin ban jadi terasa licin dan slip meskipun kondisi ban baru.

Bukannya memecah air saat kondisi jalan basah, kalau alur ban terpasang terbalik justru jadi menampung air. Makanya jangan sampai salah pasang.

Sebab beberapa ban motor pun kini ada yang punya desain kembangan terbalik alias berlawanan dengan arah laju motor.

Meskipun kembangan ban tampak terpasang terbalik atau berlawanan dengan arah laju motor sebenarnya tentunya hal ini sudah dipertimbangkan oleh produsen ban.

Tags: tips

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X