Terkait memelihara kendaraan, satu hal yang seharusnya sudah Anda ketahui adalah pentingnya mengganti oli secara rutin. Ganti oli jadi perawatan berkala yang harus dilakukan setiap pemilik kendaraan. Dengan menggantinya secara teratur, performa mesin kendaraan Anda akan senantiasa terjaga. Apabila diabaikan atau telat ganti oli, bukan tidak mungkin kerja mesin tidak lagi baik. Pada beberapa kasus karena jarang ganti oli, viskositas oli tidak lagi encer, melainkan jadi lebih kental dan lengket. Akhirnya, beberapa fungsi oli yang seharusnya menjaga performa dapur pacu selalu prima, malah menyebabkan jeroan mesin rusak.

Jika dirinci, ada beberapa akibat yang akan muncul saat Anda sering telat ganti oli, berikut ini daftarnya:

1. Komponen mesin menjadi cepat rusak dan biaya perawatan mahal

Komponen dalam mesin yang saling bergesekan akan cepat mengalami keausan, karena kekentalan oli tidak mampu lagi meminimalisasi gesekan komponen. Oleh karena itu, akan terjadi kerusakan komponen, sehingga pada akhirnya Anda harus mengeluarkan biaya perbaikan yang lumayan besar.

2. Mesin menjadi cepat panas (overheating)

Terlambat mengganti oli akan menyebabkan mesin menjadi cepat panas karena oli tidak dapat mendinginkan mesin dengan baik. Hal ini jangan dibiarkan terus-menerus karena komponen mesin bisa rusak. Salah satu contohnya kerusakan pada kepala silinder yang akan melengkung dan kalau sudah begini, lagi-lagi Anda harus merogoh kocek dalam-dalam karena biaya untuk menggantinya.

3. Membuat bahan bakar menjadi boros

Gesekan pada mesin yang kasar dan performa kendaraan menjadi berat karena kurangnya pelumasan, efeknya mesin membutuhkan banyak bahan bakar untuk menghasilkan tenaga.

4. Kurang nyaman pada saat dibawa jarak jauh

Kalau Anda telat mengganti oli, akan jelas terasa getaran kasar pada mesin. Nah, getaran tersebut terjadi terus-menerus sehingga menimbulkan ketidaknyamanan sekaligus kekhawatiran kerusakan mesin lebih parah ketika dikendarai apalagi kalau Anda harus menempuh jarak jauh dengan kendaraan Anda.

5. Usia mesin jadi lebih pendek

Jika Anda rutin mengganti oli maka usia pakai mesin akan bisa lebih lama dibandingkan dengan mesin yang olinya sering terlambat diganti atau bahkan tidak pernah diganti.

Nah, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini Anda akan segera tobat dan mulai rutin mengganti oli pada kendaraan Anda ya!

Tags: tips

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X