Belum Banyak Yang Tahu, Apa Sih ISOFIX itu???

posted in: OTO Tips | 0

Sahabat Oto…. Saat ini banyak mobil keluaran baru yang di jok baris keduanya terdapat tulisan ISOFIX. Bukan merupakan nama produk atau merk, ISOFIX merupakan standar keselamatan.

Di negara-negara maju seperti di Eropa, Australia dan Amerika saat ini setiap kendaraan yang digunakan oleh keluarga yang memiliki anak di bawah 12 tahun wajib dilengkapi oleh child seat.

Child seat ini banyak sekali jenisnya, dan agar memudahkan produsen mobil serta produsen child seat serta untuk meningkatkan keamanan saat child seat itu digunakan maka munculnya ISOFIX.

ISOFIX sendiri merupakan kependekan dari International Standard Organizations FIX (standar keselamatan internasional). Jadi, sekali lagi ISOFIX bukan nama produk sama halnya dengan tulisan SRS Air Bag yang pasti akan sama untuk setiap merk mobil jika fitur keselamatan ini terdapat di dalamnya.

Dengan adanya ISOFIX ini semua produsen mobil memiliki standar nyang sama bagaimana mendesain sebuah jok penumpang yang aman dan nyaman baik itu untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Begitu juga produsen child seat pun memiliki standar yang sama bagaimana mendesain produknya agar mudah dikaitkan dengan jok penumpang, dengan menyesuaikan panjang sabuk pengaman, serta tentunya menjaga keamanan dan keselamatan anak selama perjalanan.

Untuk menggunakan fitur ISOFIX pemilik mobil harus menggunakan child seat jenis ISOFIX juga, nantinya pengunci pada child seat tinggal dikaitkan saja langsung pada dua besi penyangga di jok seperti memasang sabuk pengaman yang tentu saja ini akan lebih kuat dibandingnya dengan melilit child seat dengan sabuk pengaman di jok.