Tips Dr OTO: Tips Hemat Bahan Bakar Minyak (BBM)

posted in: DR.OTO CLUB | 0
[header 4]Tips Dr. OTO: Tips Hemat Bahan Bakar Minyak (BBM)[/header] [divider invisible]


Rencana pemerintah melakukan kebijakan pembatasan BBM bersubsidi tentunya akan membuat Anda harus merogoh kantong lebih dalam, namun Dr.OTO akan memberikan beberapa tips agar pemakaian BBM lebih irit.

  1. Lakukan pemanasan mesin 10 – 15 detik setiap mobil akan dijalankan setelah terparkir lama agar pembakaran stabil sehingga akselerasi mesin akan lebih responsive.
  2. Jangan menggunakan perseneling rendah pada kecepatan tinggi atau sebaliknya RPM ideal untuk perpindahan perseneling sekitar 3000-4000 RPM.
  3. Kendarai mobil secara santun dengan kecepatan stabil dan hindari menekan pedal gas terlalu dalam dan hindari pengereman mendadak atau pengereman terus menerus.
  4. Lakukan pemeriksaan tekanan ban secara berkala (tiap minggu) sesuai ketentuan pabrikan mobil.
  5. Tune up mobil Anda secara berkala dan ganti busi sesuai petunjuk buku manual kendaraan.
    Perikasa Co dan bersihkan filter udara (Ganti sesuai petunjuk buku manual)
  6. Hindari jalan rusak dan berlubang atau jalan yang kurang bagus karena kecepatan akan tidak stabil dan cendrung melakukan pengereman.
  7. Ganti oli secara berkala setiap 5,000 km dengan oli yang telah terjamin mutunya saran Dr. OTO gunakan STP Synthetic Motor Oil 10W-40 dan biasakan untuk mengganti filter oli setiap 10,000 km (jangan lupa kuras bagian dalam mesin dengan STP Engine Flush setiap Anda akan mengganti filter agar mesin bersih dan segar kembali).
  8. Gunakan pembersih deposit pada ruang bakar dan system pembakaran agar akselerasi mesin lebih responsive dengan demikian suplai BBM keruang bakar tidak berlebihan.
    Saran Dr. OTO gunakan STP Complete Fuel System Cleaner setiap 5,000 km campurkan kedalam tangki mobil saat mengisi BBM untuk 40-60 ltr.
  9. Saat macet atau stop-n-go hindari berkendara secara agresive usahakan tidak terlalu sering melakukan pengereman keras (mendadak) dan injaklah pedal gas secara berlahan pada perseneling rendah (1-2). Dr. OTO menyarankan agar ganti minyak rem mobil Anda setiap 20,000 km atau satu tahun dan gunakan minyak mem yang sudah teruji dan aman yaitu STP Brake Fluid serta ganti kampas rem secara berkala sesuai petunjuk buku manual.
  10. Saat berada di tanjakan hindari penggunaan kopling menggantung karena akan mengakibatkan kopling terbakar dengan demikian akan membuat akselerasi dan responsive mesin menjadi berkurang , berakibat BBM menjadi boros. Sebaiknya gunakan rem tangan setiap berhenti di tanjakan.
[divider invisible] Demikian Tips Dr. OTO semoga bermanfaat dan nantikan tips berikutnya.