5 Jenis Chasis Mobil Yang Banyak Digunakan Saat Ini

Sahabat Oto… Setiap mobil pasti memiliki chasis atau frame atau sasis berupa rangka yang menjadi temoat menempelnya komponen-komponen lain mulai dari mesin, perangkat elektronik hingga bod kendaraan itu sendiri.

Chassis pada mobil berfungsi sebagai penopang beban kendaraan, mesin, transmisi, semua komponen, hingga penumpang yang nantinya berada di dalam mobil tersebut.

Selain itu, chassis berfungsi untuk mempertahankan bentuk mobil supaya tetap kaku dan tidak mengalami deformasi ketika digunakan. Material yang digunakan tentu saja harus memiliki kekuatan yang mampu menahan seluruh beban dari mobil tersebut..

Bahan pembentuk chasis beragam hal ini didasarkan kepada jenis kendaraan yang digunakan serta kemampuan, ketahanan, hingga keamanan untuk menjaga kondisi berkendara. 

Saat ini setidaknya terdapat lima jenis chassis mobil yang banyak digunakan dimana masing-masingnya memiliki teknologi dan peruntukkan berbeda-beda.

Ladder Frame

Ladder frame adalah chassis yang memiliki bentuk seperti tangga. Walau bentuknya unik, tapi chassis ini cocok menjadi dasar kedudukan bodi mobil, mesin, dan komponen lainnya terutama untuk kendaraan yang harus menopang bobot yang cukup berat

Monocoque Chassis

Monocoque chassis adalah chassis yang dibuat menyatu dengan bodi mobil. Bagian terluar bodi mobil yang termasuk dari bagian chassis ini berfungsi sebagai kerangka yang mampu melindungi ruang kabin dari benturan.

Chassis monocoque terbuat dari lembaran baja komposit yang disatukan dan diperkuat sehingga dapat dibentuk menjadi kerangka bodi mobil

Backbone Chassis

Backbone chassis adalah chassis yang memiliki bentuk seperti tulang rangka utama tunggal. Posisinya melintang sepanjang bagian tengah mobil. Hal ini membuat bagian depan dan belakang mobil saling terhubung. Backbone chassis juga bisa disebut sebagai chassis tunggal. 

Sayangnya, chassis ini memiliki banyak kekurangan, seperti biaya produksi lebih tinggi dan side impact yang buruk. 
Tubular Space Frame

Tubular space frame adalah chassis yang terbuat dari pipa baja yang dirangkai dan dibentuk sehingga langsung membentuk mobil sesuai konstruksi. Kekuatan chassis ini sangat tergantung dari mutu serta kualitas sambungan lasnya . Bisa dibilang, chassis ini merupakan yang terbaik dari sisi ketahanan beban berat, impact, dan perlindungan kekakuan torsional. Hal ini lah yang menjadi penyabab tubular space frame banyak diaplikasikan dalam dunia balap mobil.

`Aluminium Space Frame

Aluminium space frame adalah chassis yang dibuat seperti monocoque tapi menggunakan bahan aluminium. Keuntungan dari chassis ini adalah lebih ringan dan lebih kaku 40% dibandingkan rangka monocoque.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

X