logo_STP_Gedew

Pada bulan oktober 1954, tiga bisnisman dengan modal awal hanya $3000, memperkenalkan produk STP untuk pertama kalinya, di St Joseph, STP atau Scientifically Treated Petroleum memulai dengan satu produk saja yaitu STP Oil Treatment yang membantu oli motor atau mobil melawan penipisan pada suhu dan tekanan yang tinggi.

Tiga orang itu adalah Charles Dwight Liggett, Jim Hill dan Robert DeHart, mereka mulai mengemas produk STP di garasi belakang rumah mereka dan menjualnya dengan mobil mereka sambil bersenang senang keliling Amerika. Perusahaan STP mengalami pertumbuhan dan pendapatan yang menguntungkan dari perkenalan produk mulut ke mulut dan berkat link yang mereka miliki di arena balap mobil, sehingga memungkinkan STP memperkenalkan produk Gas Treatment yang pertama kali pada tahun 1960. Di tahun 1961 STP dibeli oleh perusahaan Studebaker Packard Corporation. Andi Granetelli ditunjuk sebagai CEO tahun 1963 dan memulai menambahkan pendekatan brand marketing melalui balap mobil dan perahu. Yang pada akhirnya STP mensponsori tim Indy Car dengan Mario Andretti sebagai drivernya, dan memenangkan Indianapolis 500 tahun 1969.

Distribusi produk STP mulai tumbuh pesat tahun 1963 produk STP telah tersedia di lebih 200.000 stasiun pengisian bensin di seluruh Amerika. Akhir tahun 1968, seluruh penjualan produk STP bernilai $43 juta pencapain yang sangat luar biasa. Dan pada awal 1969 STP menjadi perusahaan publik dengan melempar sejumlah saham di American Stock Excange dengan code "STP".

logo-NASCARDengan melihat pertumbuhan brand di seluruh dunia yang siknifikan pada tahun 1970, maka di tahun 1972 STP memulai gebrakan baru yaitu menjadi sponsor utama legenda, Richard Petty, kemitraan itu menjadi berita utama si seluruh dunia, dan hingga kini Richard Petty masih menjalin hubungan dengan STP.Pada tahun 1973, STP melaporkan seluruh pendapatanya sebesar $54 juta, dan laba bersih lebih dari $1juta, pendapatan itu diperoleh dari seluruh penjualan di US, Kanada, Meksiko, dan lebih dari 100 negara di dunia. Pada tahun 1978, STP memperkenalkan pemutakiran oli motor sehingga menjadi luar biasa, dan pakaging Gas Treatment menggunakan teknologi "mudah dituang". Setelah tahun - tahun itu berlalu STP Corporation di akuisisi oleh Esmark, Inc. yang berbasis di Chicago.

Pada awal awal tahun 1980 setelah diakuisisi, STP dengan penuh semangat, menata lebih lebih pada internalnya, dengan penambahan para peneliti dan pengembangan produk produk baru. pada tahun itu juga STP mempunyai president dan CEO baru Leo J. LeClair, dan memindahkan kantor pusat STP ke Boca Raton, Florida.

Beatrice companies membeli Esmark, Inc. pada tahun 1984, setahun kemudian, Union Craide membeli STP. Pada tahun 1986 Divisi "Home and Automotive" Union Carbide melalui buyout manajemen leveraged menjadi First Brands, Inc. Pada tahun 1990 brand STP sudah ada di setiap negara di dunia melalui mitra sales dan anak perusahaan. di Januari 1999, Clorox Company mengakuisisi First Brands Corporation.

armored-auto_grlogo-idqSetelah berjalan beberapa tahun dengan Clorox akhirnya pada tahun 2010 STP dibeli oleh Avista Capital Partners lewat anak perusahaannya Armored AutoGroup.

Menjelang kuartal kedua tahun 2014 Armored AutoGroup mengakuisisi perusahaan IDQ, perusahaan yang berdiri sejak 40 tahun ini menjadi market leader di bidang AC, dengan produk mulai dari cairan pengisian AC sampai cairan untuk penambal kebocoran pada AC, yang pada akhirnya produk IDQ, yaitu A/C Pro menjadi STP A/C Pro.

Selama bertahun tahun, konsumen mempercayakan motor dan mobil mereka kepada STP, karena mereka yakin STP memberikan "power" dan perfoma yang maksimum.

Ekspansi Pasar

Mulai tahun 1978, STP melihat perkembangan industri otomotif yang kian maju di asia dan untuk memenuhi permintaan pasar khususnya Indonesia, STP melebarkan sayapnya ke Indonesia, dimulai dengan pemasaran oil treatment yang penjualannya pada saat itu luar biasa melampau perkiraan, dengan pertimbangan dari sisi penjualan dan tuntutan pasar akan produk dengan varian yang bermacam macam, akhirnya STP membuat terobosan baru untuk penjualan di Indonesia yaitu lubricant, fuel additive, oil additive, functional fluids, cleaners, appearance dan multi purpose treatment.

Dengan kepercayaan konsumen Indonesia yang begitu besar terhadap produk - produk STP, akhirnya pada tahun 2014 bertepatan 60 tahun STP berkibar, STP membuat kejutan untuk market Indonesia yaitu launching produk barunya dari perusahaan yang di akuisisinya yaitu STP A/C Pro, brand leader di Amrika untuk produk AC treatment. Acara yang langsung dihadiri CEO Armored autogroup Michael Klein ini berlangsung sangat meriah.