Kebiasaan buruk yang perlu dihindari dalam mengendarai mobil

kebiasaan-buruk

Otomania, kadang Kita sering melakukan kesalahan dengan melakukan kebiasaan buruk pada mobil Kita, tentunya hal ini tanpa sadar dapat berakibat buruk untuk kendaraan Kita. Berakibat buruk dalam hal ini umumnya pada pemakaian part yang semakin pendek umurnya dan tuntunya dapat berbahaya untuk orang lain sesama pemakai jalan.

Kebiasaan buruk tersebut diantaranya adalah :

  1. Menghidupkan & Mematikan AC Mobil dalam keadaan mesin RPM Tinggi atau saat melaju di jalan, biasakan menghidupkan atau mematikan AC ketika mesin mobil dalam keadaan langsam atau mobil masih dalam keadaan berhenti hal ini dapat menyebabkan Kompresor AC cepat aus terutama magnet pada kompresor AC.
  1. Menginjak pedal Gas pada saat menghidupkan dan mematikan mesin, kebiasaan ini selain boros BBM juga dapat menyebabkan tingkat keausan part semakin tinggi terutama pada ring piston dan silinder piston.
  1. Mengganti warna lampu dengan warna yang tidak sesuai standard yang ditetapkan Undang-undang seperti warna lampu rem dirubah putih atau kuning atau lampu sein dirubah warna merah, hal ini berbahaya bukan saja untuk diri sendiri namun juga untuk pengendara lain, karena semua lampu yang berada dikendaraan bukan saja berfungsi sebagai penerangan namun juga berfungsi sebagai indicator untuk pengendara lain yang berada di belakang kita atau didepan kita.
  1. Menggoyang mobil saat Isi bensin, hal ini adalah pekerjaan sia-sia karena BBM bersifat cairan yang dapat mengisi ruang kosong secara otomatis.
  1. Menyalakan lampu Hazard saat hujan, hal ini dapat membahayakan diri Anda dan pengendara lain, karena tidak dapat mendeteksi secara dini pergantian jalur mobil Anda hal ini dapat berakibat tabrakan.
  1. Mendahului dari arah Kiri selain berbahaya apabila ada penyebrang jalan yang tiba-tiba muncul juga dapat mengakibatkan tabrakan karena pengemudi didepan Anda kurang mendeteksi keberadaan mobil Anda.
  1. Menambah kecepatan ketika lampu lalulintas menyala kuning hal ini sangat berbahaya karena kadang kala kendaraan lain telah jalan lebih dulu pada jalur lain walaupun lampu belum hijau.
  1. Menggunakan handphone baik menerima panggilan, BBM atau membalas SMS karena hal ini dapat memecah konsentrasi Anda akibatnya dapat menabrak kendaraan lain.
  1. Menginjak rem saat berhenti terutama pada saat mobil melakukan perjalanan jauh hal ini dapat mengakibatkan keausan piringan rem bahkan dapat menyebabkan piringan rem bergelombang akibat panas yang terpusat pada bagian tertentu.
  1. Bermain kopling saat kendaraan berada ditanjakan, hal ini dapat berakibat aus dan terbakarnya kampas kopling sehingga kendaraan tidak bertenaga.

Demikian tips DR OTO semoga bermanfaat.